Sabtu, 26 Januari 2008

Hari Gizi Nasional

Jum'at, 25 Januari 2008, diperingati sebagai Hari Gizi Nasional, sebuah momentum yang dilewatkan oleh hampir semua pemerhati gizi. koran lokal misalnya, hanya SINDO yang menampilkan tulisan tentang permasalahan gizi yang dihadapi oleh bangsa ini.

Peringatan hari gizi tahun ini diiringi dengan meningkatnya angka kemiskinan. sebagaimana yang digambarkan oleh UNICEFF, bahwa kemiskinan merupakan akar masalah gizi.

Hingga saat ini bangsa ini masih berusaha menuntaskan 4 masalah gizi utama, antara lain : Kurang Energi Protein, Kurang Vitamin A, Gangguan Akibat Kekurangan Yodium dan Anemia. artinya penanganan masalah gizi jalan di tempat bahkan cenderung jalan menurun seiring dengan berkembangnya ilmu gizi.

Mengapa hal itu bisa terjadi ?, karena pemerintah, mulai Pusat sampai Daerah masih memandang sebelah mata masalah gizi, padahal untuk menciptakan sebuah generasi yang cerdas dan mampu bersaing pada tingkatan persaingan apapun, dimulai dari pembentukan generasi tersebut, dengan kata lain ketika seseorang dalam kandungan tidak mendapatkan suplai makanan yang bergizi atau ibu yang mengandung mengalami masalah gizi (anemia dan KEK), maka bisa dipastikan pertumbuhan otaknya akan lambat, seiring dengan tidak maksimalnya pertumbuhan otak, maka kita kembali akan menghasilkan generasi pesuruh dan bukan generasi pemimpin.

Akankah kita membiarkan semua ini ?
Jawabnya tentu saja tidak.

1 komentar:

Griya Gallery mengatakan...

Mas, nanya dong. Sebetulnya peringatan hari gizi nasional itu jatuhnya tanggal 25 Januari atau 28 februari sih? Saya jadi bingung karena ada 2 data yang bicara berbeda. Tgl 28 Feb kebetulan sekolah saya mau mengadakan acara dan tadinya akan saya kaitkan dengan hari gizi nasional. tapi kok ada 2 pendapat yang beda ya. Bisa bantu saya. Ava